Selasa, 05 Mei 2020

Strategi Bisnis untuk Perusahaan yang Lebih Maju


Setiap perusahaan yang ingin maju tentu memiliki strategi bisnis sendiri sehingga bisnisnya dapat berkembang dan mampu bersaing di pasaran. Setiap perusahaan tentunya wajib untuk merancang sebuah strategi bisnis agar perusahaan dapat tetap berjalan dengan baik dan jauh dari kebangkrutan. Dalam hal ini strategi berbisnis tentu juga harus disertai dengan pendekatan yang tepat sehingga tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan strategi dan tidak kesulitan dalam persaingan pasar.

Iya strategi bisnis sebenarnya merupakan berbagai upaya yang dilakukan dengan tujuan agar bisns yang dijalankan dapat mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Dalam strategi berbisnis terdapat beberapa komponen yang diantaranya sebagai berikut:

1.  Strategi operasi
Strategi operasi merupakan strategi yang dilakukan dengan tujuan untuk mengubah masukan atau input yang di dalamnya meliputi bahan baku, bahan penolong, mesin, manusia, dan sebagainya untuk menjadi keluaran atau output yang nantinya memiliki nilai. Dalam hal ini strategi operasi berhubungan dengan berbaga fasilitas, peralatan, sumber daya, perencanaan, dan juga pengendalian.

2.  Strategi pemasaran
Komponen strategi berbisnis selanjutnya adalah strategi pemasaran. Dalam hal ini strategi pemasaran meliputi strategi harga, strategi produk, strategi promosi, strategi tempat, serta strategi pembidikan pasar.

Strategi bisnis merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan serta keberlangsungan berbisnis. Nah selain terdiri dari beberapa komponen diatas, strategi bisnis juga terdiri dari beberapa bisnis. Adapun jenis-jenisnya yaitu sebagai berikut:

3.  Pertumbuhan
Strategi pertumbuhan adalah strategi yang pada saat sebuah organisasi atau perusahaan memperluas jumlah pasar yang dilayani atau produk yang ditawarkakn baik itu melalui bisnis yang saat ini atau dengan membuka bisnis yang baru. Nah dengan menggunakan strategi ini, suatu organisasi dapat meningkatkan jumlah pendapatan, jumlah karyawan, bahkan juga bisa meningkatkanpangsa pasar.

4.  Stabilitas
Jenis strategi selanjutnya adalah stabilitas. Stragei ini merupakan suatu strategi organisasi yang mana organisasi akan terus melakukan apa yang sedang dilakukannya sekarang. Seperti terus memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen yang sama dengan menawarkan produk atau layanan yang sama pula, mempertahan kan operasi bisnis yang ada, serta mempertahankan pangsa pasar saat ini. Dalam strategi ini organisasi tidak akan mengalami pertumbuhan serta juga tidak mengalami kemunduran.

5.  Pembaharuan
Strategi pembaharuan menjadi salah satu jenis strategi berbisnis yang cukup penting. Pada umumnya ketika perusahaan sedang mengalami masalah, maka perlu adanya sesuatu yang baru. Iya pengembangan strategi inilah yang disebut dengan strategi pembaruan yang sangat diperlukan untuk mengatasi ketika ada masalah kinerja organisasi. Strategi pembaruan memiliki dua tipe utama yakni penciutan atau retrenchment dan juga turn around.

Strategi penciutan merupakan strategi yang digunakan untuk melakukan pengurangan atas pasar ataupun beberapa fungsi di dalam perusahaan atau organisasi yang memiliki aliran keuangan negatif. Strategi penciutan ini akan diaplikasikan pada perusahaan atau organisasi yang sedang berada di dalam fase penurunan.

Selanjutnya adalah strategi turn around merupakan strategi yang digunakan untuk mengembalikan penurunan profitabilitas untuk menuju pemulihan serta pencapaian keberlanjutan usaha dalam jangka panjang. Pada umumnya memang perusahaan yang berada di dalam fase kritis perlu sebuah tindakan drastis atau restrukturisasi guna menghasilkan perubahan menuju perkembangan yang lebih maju.

Nah dalam suatu perusahaan tentu akan ada yang menyusun strategi bisnis agar perusahaan yang dijalankan dapat berkembang dengan baik. Untuk menjadi seorang perancang strategi, terdapat beberapa keterampilan yang harus dimiliki mulai dari identifikasi, prediksi, inovasi, evaluasi, serta pembuatan keputusan.


Related Posts

0 comments: