Selasa, 06 Juli 2021

Apa Perbedaan Payment Gateway dan Disbursement



Dewasa kini, perkembangan teknologi sudah sangat pesat dan canggih. Terutama, sejak masa pandemic melanda hampir seluruh belahan dunia, rasanya transaksi online di e-commerce selalu menjadi pilihan yang utama. Selain untuk menghindari kontak fisik, transaksi online juga dinilai relatif mudah karena bersifat cashless. Orang-orang tidak perlu mengantri lama-lama untuk mendapatkan kebutuhan yang mereka perlukan. 


Nyatanya, dalam transaksi non konvensional memiliki elemen penting yang berperan di dalamnya, di antaranya adalah payment gateway dan disbursement. Mungkin belum semua orang paham atau familiar dengan istilah tersebut. Lalu, apa perbedaan payment gateway dan disbursement?


Sebelum kita melihat perbedaan payment gateway dan disbursement, ada baiknya kita memahami kedua istilah tersebut. Payment gateway,(misalnya https://www.duitku.com) adalah wadah yang mengotorisasi proses pembayaran langsung, baik lewat transfer bank, kartu kredit, dsb. Sedangkan untuk disbursement adalah cara atau metodenya, dalam melakukan pembayaran langsung. Nah, dari pengertiannya saja, pasti anda sudah cukup bisa melihat apa perbedaan payment gateway dan disbursement kan?


Sekarang kita lihat yuk apa perbedaan payment gateway dan disbursement dalam sistem kerjanya? Karena, dalam transaksi online, anda perlu setidaknya memahami kedua elemen dasar ini loh! Berikut perbedaan sistem kerjanya! 



Cara Kerja Payment Gateway Dalam E-Commerce 

  1. Pembeli memilih metode payment yang diinginkan (COD / transfer / kredit) untuk membayar langsung ke pedagang. 

  2. Sistem mengajukan permintaan pembayaran yang akan dikonfirmasi & diproses oleh payment gateway. 

  3. Sistem akan meneruskan pembayaran dari payment gateway ke penyedia jasa pembayaran yang telah dipilih sebelumnya. 

  4. Setelah mendapat konfirmasi dari penyedia jasa pembayaran, payment gateway akan meneruskan ke pembeli sukses/gagalnya transaksi. 


Yuk baca : Website vs Marketplace, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?



Cara Kerja Disbursement

Untuk cara kerja disbursement, ini bisa anda lihat ketika anda melakukan proses refund uang, withdraw uang dari e-commerce ke rekening anda. Jadi website akan memproses pengajuan ke payment gateway, diteruskan ke penyedia jasa dan dikonfirmasi, baru disampaikan ke kita sebagai pengaju refund / withdraw. Itulah perbedaan sistem payment gateway dan disbursement.


Related Posts

0 comments: